Resume MM Ikhtiar

>> 3.22.2010

Dear All,

Dengan mengucap puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas ridho-Nya akhirnya kita berhasil berkumpul dengan komposisi yang lengkap. Tentu sangat jarang hal ini bisa terjadi. Terbukti, baru 2 kali saja team MM Ikhtiar dapat berkumpul dalam komposisi lengkap. Yang pertama adalah pertemuan pertama kali mastermind Ikhtiar yang juga merupakan hari lahir MM Ikhtiar.

Pertemuan berlangsung di kediaman mbak Dian. Selasa, 16 Maret 2010. Bertepatan dengan hari libur Nyepi. Mulai jam 10-an hingga jam 14.00 Mastermind dapat berlangsung dengan lancar. Ditemani sirup pandan, leker, dan sebungkus gado2, mastermind Ikhtiar kali ini menghasilkan beberapa hal.

1. Logo
Mastermind Ikhtiar harus memiliki logo. Anggota sepakat agar logo dipercayakan kepada ahlinya. Dan diharapkan hari Jumat sudah dipastikan siapa yang ditunjuk.
Sementara semua anggota harus segera memberikan usulan tentang konsep dan filosofi logo harus seperti apa.

2. Situs
Diputuskan Mastermind Ikhtiar juga harus memiliki situs. Situs ini berguna untuk menjadi bukti sejarah pertumbuhan bisnis dan perkembangan setiap anggota

3. Target Action 1 Tahun
Setiap anggota harus mempunyai target action untuk 1 tahun (2010)

3. Action Plan
Setiap anggota harus mempunyai action plan rutin minimal hingga pertemuan MM berikutnya.
Pada action plan ini harus terdapat apa-apa yang harus diraih selama 2 minggu ke depan.
Juga harus ditentukan punishment apa yang akan dilakukan jika action plan sebagaimana dibuat itu tidak terpenuhi.

4. Pembahasan Action Plan
Mastermind akan mereview actionplan pertemuan sebelumnya. Melakukan judment kepada anggota yang tidak berhasil mencapai targetnya.
Mastermind juga akan melakukan preview untuk action plan 2 minggu ke depan. Anggota harus mempertaruhkan tentang action plan yang dibuat. Apabila dirasa terlalu ringan, maka mastermind akan meminta anggota untuk meningkatkan action plan tersebut.
Mastermind juga akan menilai punishment yang ditetapkan oleh anggota apakah terlalu ringan. Apabila terlalu ringan, maka mastermind berkah untuk menuntut agar anggota meningkatkan punishment tersebut.

5. Ikrar
Mastermind Ikhtiar harus mempunyai ikrar. Seminggu setelah MM berlangsung (Selasa depan), Ikhrar harus sudah disepakati. Ikrar inilah yang akan dibaca bersama-sama sebagai pembuka pelaksanaan MM.

6. Pelaksanaan Mastermind
Mastermind dilaksanakan tetap 2 minggu sekali. Apabila ada kendala yang dihadapi menjelang pertemuan MM, maka akan dibahas secara kasuistik. Jadual pelaksanaan MM akan ditentukan pada MM sebelumnya.

7. Anggota yang tidak hadir
Bagi anggota yang tidak hadir, diwajibkan untuk menerima dan menjalankan punishment yang disepakati oleh anggota yang hadir. Punishment diharapkan bersifat membangun dan bermanfaat bagi pertumbuhan bisnis anggota yg tidak hadir pada khususnya, dan anggota lainnya pada umumnya.

8. Konsumsi
Diharapkan semua anggota membawa konsumsi pada saat pelaksanaan Mastermind. Kecuali bila MM dilaksanakan di rumah makan, foodcourt, dan sejenisnya. Atau bila tuan rumah bersedia untuk menanggung semua konsumsi.

(By. Salim Suharis)

0 komentar:

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP